Keikutsertaan Mahasiswa pada Joint Summer Program Indonesia-Japan Social and Cultural Generation to Built Word Civilization Through Community Service

Join Summer Program adalah sebuah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang ditaja oleh Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Riau. Program ini dilaksanakan oleh Universitas Riau dan Kobe University, yang mana mahasiswa UNRI terdiri dari 9 orang, dan mahasiswa Kobe terdiri dari 8 orang. Program summer dilaksanakan di Dusun Bukit Batu Laut, Desa Bukit Batu, Bengkalis, Riau, Indonesia pada tanggal 20-30 Agustus 2018. Mengangkat tema: Indonesia-Japan Social and Cultural Generation to Built Word Civilization Through Community Service, kegiatan ini sebagai ajang belajar bersama dan wadah untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat di perguruan tinggi. Tujuan diadakannya Program ini yaitu agar mahasiswa dan masyarakat dapat memahami perbedaan antara kebudayaan Indonesia dan kebudayaan Jepang, serta diharapkan dapat mengambil pelajaran dari budaya asing.  

 

Dalam kegiatan Join Summer Program ini mahasiswa Universitas Riau berperan sebagai penerjemah dan “buddy” bagi mahasiswa dari Kobe University. Peserta berkesempatan untuk mempelajari berbagai macam kebiasaan dan kesenian tradisional di Bumi Melayu, seperti membuat Leko, mencari lokan, bermain injit-injit semut, bermain bakiak, dan lain sebagainya. Selama Sembilan hari, mahasiswa Kobe University juga megajarkan kesenian tradisional Jepang seperti seni melipat kertas (Origami), tarian tradisional Jepang (Bon Odori) dan kaligrafi Jepang (Shodo). Mahasiswa Kobe University dan Universitas Riau dibagi menjadi 4 kelompok, yang tiap kelompoknya terdiri dari dua orang mahasiswa Kobe dan satu mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang sebagai penerjemah yang di tempatkan pada rumah dengan pemilik rumah sebagai orangtua asuhnya. Lima mahasiswa Universitas Riau lainnya berada di satu posko yang mana bekerja sama dengan Koordinator dari Kobe University agar kegiatan berjalan dengan lancar.