Keikutsertaan Dosen dan Mahasiswa pada Program Japanese-Language Education Capacity Building Southeast Asia Japanese Teacher Training

Laporan Kegiatan Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang

Pada tahun 2018 dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (Dr. Arza Aibonotika) dan mahasiswa (Jiehan Ghenesa Mutiah angkatan 2015) mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan Japanese Education Capacity Building South-east Asia Japanese Teacher Training College 2018 periode 9 Januari – selama 6 minggu di The Japan Foundation Kansai Center- Osaka. Program pelatihan tersebut merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh The Japan Foundation  Jepang dikhususkan untuk universitas/LPTK penyelenggara Pendidikan Bahasa Jepang ditambah dengan beberapa universitas penyelenggara Bahasa/Sastra Jepang yang terpilih di seluruh Indonesia. Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UNRI mendapat kesempatan untuk ketiga kalinya. Dimana periode pertama 2014 ( Zuli Laili Isnaini, MA dan Reymona Ilyas mahasiswa angkatan 2011) dan 2015 (Hana Nimashita, MA dan Noni Aulia mahasiswa angkatan 2013).

Kegiatan yang diikuti oleh dosen dan mahasiswa di Program Capacity Building  diikuti oleh  30 orang dosen dan  30 orang mahasiswa. Dalam kegiatan ini dosen melakukan pengumpulan data-daa yang diambil selama field trip kemudian diolah menjadi sumber belajar, dipresentasikan beserta dengan rancangan pembelajaran. Sedangkan mahasiswa mengikuti pelatihan pengajaran Bahasa Jepang, kunjungan diskusi dengan siswa SMP/SMA dan mahasiswa Jepang, pengenalan field trip mengunjungi beberapa tempat wisata/bersejarah di Jepang dan lain sebagainya.