Festival Budaya Jepang di FKIP Universitas Riau (Bunkasai 11)

Festival Budaya Jepang di FKIP Universitas Riau

 

Untuk yang kesebelas kalinya Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Universitas Riau menyelenggarakan Festival Budaya Jepang (Bunkasai). Acara pembukaan berlangsung pada tanggal 19 April pada pukul 09.00 di Taman Kreasi FKIP Unri yang dihadiri oleh Dekan FKIP Prof. Dr. H. M. Nur Mustafa, M.Pd., Konsul Muda Jepang untuk wilayah Sumatera Mr. Yokoyama Daiki,Koordinator Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Nana Rahayu, B.Com, M.Si beserta guru-guru Bahasa Jepang di wilayah Riau serta siswa-siswa SMA dan yang sederajat.

Pada Pembukaan Bunkasai 11 Dekan FKIP Prof. Dr. H. M. Nur Mustafa, M.Pd.,Mengatakan Bahwa persahabatan Indonesia dengan JepangĀ  sudah sangat baik dan persahabatan 2 negara ini harus terus di tingkatkan. Koordinator Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Nana Rahayu, B.Com, M.Si juga banyak mengucapkan terima kasih kepada Konsul Muda Jepang Mr. Yokoyama Daiki yang sudah menyempatkan hadir pada acara tersebut.

Konsul Muda Jepang Mr. Yokoyama Daiki ketika diwawancarai oleh anggota Kominfo Hima Satori Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Unri mengatakan beliau merasa senang dan gembira dapat menghadiri acara Bunkasai ke 11. Menurutnya acara Bunkasai dapat menjadi pintu masuk budaya Jepang bagi mahasiswa, siswa dan masyarakat di Pekanbaru dan sekitarnya. Harapannya dengan diselenggarakannya Bunkasai ke 11 ini masyarakat di Pekanbaru dan sekitarnya semakin mengenal budaya Jepang dan semakin banyak siswa maupun mahasiswa yang tertarik untuk mengunjungi Jepang khususnya untuk melanjutkan studi.

Bunkasai ke 11 tahun ini mengusung tema “Persahabatan” atau dalam bahasa Jepang disebut dengan istilah Yuukou diselenggrakan bertepatan dengan peringatan 60 tahun Persahabatan Jepang Indonesia. Dalam rangka menyambut peringatan tersebut Hima Satori mengadakan perlombaan Sensasi Budaya yang menampilkan peragaan busana dengan mengkolaborasikan pakaian khas Indonesia dan pakaian khas Jepang Yukata. Acara ini mendapat sambutan yang positif dari peserta dari siswa SMA. Selain itu pada hari Minggu 22 April 2018 telah diadakan pemutaran film Jepang di Perpustakaan Wilayah Soeman HS Pekanbaru dengan judul Happy Fight, Shodo Girls, Hoshi o Ou Kodomo dan Roboji. Pemutaran film terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya.

Selain itu untuk memotivasi siswa SMA dan sederajat untuk mempelajari bahasa dan budaya Jepang, diadakan lomba Kanji Challenge, Kana Contest, Speech Contest, Shuuji, Roudoku, Mading 3D dan Ranking 1. Untuk peserta dari umum diadakan lomba Cosplay, Singing Contest & Akustik, Sensasi Budaya dan Dance Cover. Disamping perlombaan yang berkaitan dengan budaya Jepang, diselenggarakan juga Undokai atau Pertandingan Olahraga antar siswa SMA/sederajat di Lapangan FKIP Unri.